Ini Dia Buku Mewarnai untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

No Comments

Buku Mewarnai untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan? Memberikan anak buku mewarnai adalah bagian dari aktivitas belajar di rumah. Hal ini karena manfaat buku mewarna bisa meningkatkan kreatifitas si anak.

Dengan melakukan kegiatan mewarnai, anak-anak juga akan lebih senang dalam melihat berbagai contoh warna dan gambar, sehingga ini bisa dijadikan cara edukasi untuk belajar sambil bermain anak-anak.

Manfaat Buku Mewarnai untuk Anak

Berikut ini beberapa manfaat buku mewarnai untuk anak-anak, diantaranya:

1. Merangsang kreativitas

Jangan marahi anak ketika ia mewarnai, sekalipun bila goresan warnanya keluar garis atau warna yang diberikan tidak sesuai realita. Biarkan ia menumpahkan kreativitas dan menyalurkan ide yang ada di kepala sesuai dengan imajinasinya.

2. Melatih saraf motorik halus

Yang dimaksud saraf motorik halus adalah koordinasi otot, tulang, dan saraf pada tubuh anak untuk melakukan gerakan kecil dan sederhana. Ketika mewarnai, misalnya, anak akan dilatih untuk memegang pensil warna menggunakan jari-jarinya yang kecil.

Skill motorik halus sangat penting bagi anak ketika bersekolah maupun beraktivitas sehari-hari. Ketika saraf motorik halus terganggu, ia akan kesulitan makan, menulis, hingga hal sederhana seperti membalikkan halaman buku dan mengaitkan kancing bajunya.

3. Mengenalkan aneka warna

Salah satu manfaat buku mewarnai yang paling dasar adalah mengenalkan warna dengan cara yang menarik pada anak. Pada tahap awal, kenalkan warna yang mencolok terlebih dahulu, seperti merah, hijau, biru, kuning, atau hitam kemudian kenalkan warna turunannya, seperti cokelat, merah muda, hijau muda, dan sebagainya.

4. Meningkatkan fokus mata dan tangan

Manfaat buku warna lainnya adalah membuat anak fokus terhadap ‘tugas’ yang ada di depannya. Dengan menggenggam pensil warna, memilih warna, kemudian menggoreskannya di buku warna tersebut, anak akan mengalami peningkatan dalam koordinasi mata dengan tangannya.

5. Menghilangkan stres anak

Mewarnai juga bisa dilakukan untuk menstabilkan emosi anak ketika mereka rewel. Pasalnya, memberikan warna ke objek tertentu merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus memiliki efek menenangkan bagi otak anak, sehingga ia menjadi lebih stabil dan bisa diatur.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika orangtua membebaskan warna yang dipilih untuk anak ke colouring book, kepercayaan dirinya akan terpupuk dengan baik. Cobalah menjadikan kegiatan mewarnai sebagai rutinitas untuk menanamkan rasa keberhasilan pada anak sehingga dapat membuatnya bangga akan pencapaian dirinya sendiri.

7. Mengenalkan kesadaran spasial

Mewarnai akan membuat anak mengenali bentuk tertentu, garis, pola, hingga perspektif sekaligus. Sedangkan mengajarkan anak untuk mewarnai di dalam garis dapat mengenalkan aturan pada anak yang sebisa mungkin tidak boleh dilanggarnya.

Hampir semua anak suka dengan kegiatan mewarnai, meski durasi anak untuk tenggelam dalam kegiatan ini berbeda-beda. Untuk menambah seru kegiatan mewarnai ini, Anda juga dapat mengikutsertakan anak pada lomba mewarnai yang sekaligus memiliki manfaat untuk menambah skill sosialnya.

Cara Memilih Buku Mewarnai untuk Anak

Berikut ini adalah cara memilih buku mewarnai untuk anak, diantaranya:

1. Pilih gambar yang disukai anak

Tema yang diambil dalam buku mewarnai sangat bermacam- macam, misalnya hewan, tumbuhan, profesi, serta lain sebagainya. Sangat baik apabila anda memilih mainan dengan tema yang digemari anak. Pada momen tersebut, anak hendak senang di dalam dunianya sendiri, agar bisa menumpahkan isi hati, kreativitas, serta imajinasi yang dicoba melalui mewarnai.

2. Perhatikan kompleksitas gambar

Menemukan buku gambar yang sangat cocok untuk anak tidaklah susah. Buku mewarnai untuk anak-anak umumnya dibagi dalam rentang usia, tujuannya agar anak tidak merasa tertekan dengan tingkat sulitan buku tersebut. Maka dari itu, dalam memilih buku warnai yang cocok dengan keahlian anak harus dilakukan berdasarkan usianya, seperti TK / PAUD.

3. Cari gambar yang menarik dan unik

Supaya anak tidak gampang bosan, carilah buku warna yang menarik dan unik. Saat ini ada banyak buku yang juga diiringi dengan aktivitas menulis menggambar. Kamu dapat memilih buku mewarnai dengan kegiatan lain, agar dapat menghindarkan anak dari rasa cepat bosan, sehingga anak mempunyai teman bermain dalam aktivitas sehari-harinya yang mereka tekuni.

Rekomendasi Buku Mewarnai untuk Anak

Berikut ini rekomendasi buku mewarnai terbaik untuk anak, yaitu:

1. Buku Mewarnai Animals

Buku Mewarnai Animals

Gambar-gambar yang ada di buku ini bertemakan macam-macam animals, dan disertai nama animalsnya dalam bahasa inggris. Gambar-gambar nya sangat cute dan dapat menarik perhatian anak, outline gambar nya sangat tebal sekali sehingga mempermudah anak dalam latihan mewarnai di dalam garis (agar tidak keluar garis)

2. Buku Mewarnai Outdoor

Buku Mewarnai Outdoor

Gambar-gambarnya bertemakan benda-benda yg ada di outdoors, dan disertai nama bendanya dalam bahasa inggris, Gambar-gambar nya sangat cute dan dapat menarik perhatian anak, outline gambar nya sangat tebal sekali sehingga mempermudah anak dalam latihan mewarnai di dalam garis (agar tidak keluar garis)

3. Buku Mewarnai Intiate Course

Buku Mewarnai Intiate Course

Penuh dengan ide menggambar binatang dengan tips dan trik untuk membuat setiap gambar menjadi hidup. Setiap aktivitas menggambar diilustrasikan dengan jelas dengan petunjuk langkah demi langkah yang mudah diikuti

4. Buku Mewarnai Basic Course

Buku Mewarnai Basic Course

Baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, buku mewarnai gambar ternyata memiliki efek yang positif, saat anda ingin membeli buku, sebaiknya terlebih dahulu pastikan untuk memilih buku dengan gambar yang tepat agar senang.

Leave a Reply