Mainan 3D Puzzle Murah Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

No Comments

Mainan 3D puzzle merupakan jenis permainan edukatif yang sangat bagus untuk daya pikir anak. Permainan ini sangat eksis untuk anak-anak umur 1-5thn, karena bisa melatih kecerdasan otak anak secara cepat. Cara bermain alat ini sangat mudah, hanya menyusun bongkahan puzzle sesuai bentuk gambarnya. Untuk bentuk gambar 3D puzzle terdiri dari bangunan rumah, buah-buahan, hewan, kendaraan dan lain sebagainya.

Metode alat main ini berbeda dari alat main pada umumnya, karena harus menyusun dan menuntaskan 3D puzzle secara baik dan benar. Mainan 3D puzzle ini juga dapat menstimulasikan kecerdasan logika dan motorik anak. Selain itu, mainan ini sangat cocok untuk membina, mendidik dan mengasah keterampilan anak-anak. Nah, dalam memilih mainan untuk anak seperti 3D puzzle, anda bisa mengikuti tips dibawah ini.

*Baca Juga: Mainan Balok Murah Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Cara Memilih Mainan 3D Puzzle Untuk Anak – Anak

  • Pilih puzzle yang mudah dipasang

Banyak jenis 3D puzzle yang memiliki bentuk menarik dan unik untuk anda pilih. Saat memilih 3D puzzle, Anda tidak hanya memperhatikan desainnya, tetapi juga tujuan penggunaannya. Ada puzzle yang memang dirancang untuk dibongkar-pasang, namun ada juga puzzle yang tidak dirancang untuk dibongkar-pasang (pajangan). 3D Puzzle memang sangat sulit untuk dibongkar pasang, karena mengajarkan kontrol untuk anak.

Bila anda mencari puzzle untuk disusun berulang kali bersama anak anda, maka sangat di sarankan memilih 3D puzzle. Namun anda perlu memastikan mainan anak pilihan anda agar bisa dimainkan dengan mudah. Bila anda sudah memilih mainan, Anda tetap harus mengajarkan cara membongkar dan memasangnya kembali dengan hati-hati. Hal ini dimaksudkan agar puzzle mainan tersebut tidak patah atau rusak disusun.

  • Cek wujud dan ukuran kepingan puzzle

Ukuran dan kepingan puzzle juga menjadi poin penting dalam memilih 3D puzzle. Jika kepingannya berukuran besar, Anda akan lebih mudah mengenali perbedaan wujud dan warnanya. Hal ini akan mempermudah anda dan anak anda untuk melihat posisi yang pas saat menyusun kepingan puzzle. Jika kepingan puzzle berukuran kecil, akan lebih susah dilihat, karena perbedaan bentuk  menjadi tingkat kesulitan anda dalam bermain.

Bentuk kepingan puzzle memang sangat mempengaruhi kemudahan penyusunan. Semakin terhubung wujud kepingan satu sama lain, seperti jigsaw puzzle maka makin mudah untuk anda dan anak anda menyusunnya. Namun, bila anda tidak yakin dengan kemampuan anda menyelesaikan 3D puzzle, anda bisa membaca buku petunjuk yang dibeli. Hal ini juga bisa anda ajari kepada anak anda agar lebih kognitif dalam berpikir.

  • Pastikan jumlah kepingan puzzle sesuai

Pada jigsaw puzzle, tingkat kesulitan dapat diukur dari jumlah kepingan. Biasanya puzzle dengan kategori usia anak-anak berjumlah 85 keping, sedangkan untuk keping berjumlah 108, 200, hingga 300 hanya untuk anak-anak yang sudah lanjut usia. Mungkin orang dewasa akan lebih mudah dalam menyusun 3D puzzle yang berjumlah 85 keping. Namun, akan berbeda hasilnya bila yang memainkannya adalah anak-anak anda.

Meskipun kepingan puzzle berjumlah sedikit, Anda harus tetap mengajarkan dengan saksama untuk meningkatkan kemapuan kognitif anak. Hal ini perlu anda lakukan, karena anak butuh pengajaran yang baik dalam hal-hal yang mereka lihat. Apalagi jika anak anda masih umur 1-2thn, harus selalu di pandu dengan benar. Oleh karena itu, anda bisa mencoba mainan 3D puzzle bersama anak agar dia menjadi lebih aktif.

Rekomendasi Mainan 3D Puzzle Terbaik Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.