Mainan Bayi 0-12 Bulan yang Baik untuk Perkembangan Si Kecil

No Comments

Salah satu cara untuk mengoptimalkan perkembangan anak bisa dengan memberikan mainan untuk melatih motorik dan kognitifnya, Melalui mainan si kecil akan terlatih gerak motorik dan kognitifnya. Oleh karena itu, para orang tua harus mampu memberikan mainan anak yang tepat.

Umumnya, usia bayi baru lahir sampai satu tahun merupakan masa-masa mempelajari dan bereksplorasi dengan anggota tubuhnya. Untuk itulah, Orangtua perlu memberikan mainan yang bisa membantu tumbuh kembangnya. Tentu, usia anak juga memengaruhi jenis mainan anak yang cocok.

Kegiatain edukasi ini bisa kamu sesuaikan dengan usia anak, kebiasaan anak sangat mempengaruhi efisiensi belajar sambil beramin. Toysland Indonesia yakin jika bermain dapat menjadi media belajar mengasyikkan. Toysland Indonesia merupakan toko mainan online yang berfokus pada bimbingan anak usia dini.

Jenis Mainan Untuk Anak Bayi Usia 0-12 Bulan

Para orang tua pastinya ingin mempunyai buah hati yang aktif dan ceria. Salah satu cara yang dilakukan yaitu merangsangnya menggunakan mainan anak. Banyak sekali jenis mainan bayi yang dapat dibeli, tapi sebelum memberikan mainan untuk bayi harus diperhatikan, jangan memberikan mainan secara asal-asalan.

Memberi mainan yang tepat dengan usianya, mampu mengembangkan dan meningkatkan daya kognitif serta motorik anak. Supaya tidak lagi ragu dalam memilih mainan untuk si kecil, berikut jenis-jenis mainan anak yang cocok untuk si kecil berdasarkan usia 0-12 bulan yang aman dan menyenangkan.

1.) Mainan Anak Untuk Usia 0-3 Bulan

Pada usia ini, kemampuan bayi masih sangat terbatas pandangan masih belum cukup baik dan gerakan belum aktif Oleh sebab itu, mainan anak yang cocok yaitu mainan yang berbunyi nyaring.

Untuk bayi usia 0-3 bulan yang baru belajar menggenggam dan membuka tutup tangannya secara teratur, kamu bisa memberikan mainan berupa karpet dengan gantungan mainan sebab kemampuan mendengarnya sudah cukup baik. Hal itu akan membuat anak bisa melatih motorik halus tangannya sambil berbaring.

Gunakan karpet dengan mainan yang memiliki warna mencolok dan gantungan lucu yang digemari anak. Mainan ini akan meningkatkan kemampuan pendengaran, refleks serta penglihatan si kecil. Selain itu, mainan ini juga bisa membantu anak untuk belajar berdiri dan tengkurang ketika usianya sudah semakin bertambah.

2.) Mainan Anak Untuk Usia 4-6 Bulan

Pada usia 4-6 bulain ini, kemampuan motorik si kecil sudah menjadi lebih baik. Selain itu, gerakan matanya pula telah menjadi lebih aktif. Berikanlah mainan yang warna-warni dan memiliki bentuk yang beragam. Secara refleks, matanya akan tertarik dan tangannya akan bergerak mencoba meraih mainan tersebut.

Selain itu, berikan mainan karet yang berbunyi jika diremas. Bunyikan mainan tersebut di beberapa tempat secara bergantian, ini bertujuan untuk meningkatkan pendengaran anak dan respon gerak matanya. Biarkan juga untuk si kecil meremas-remas mainan dengan tangannya, hal ini akan menguatkan saraf motorik si kecil.

3.) Mainan Anak Untuk Usia 7-9 Bulan

Ketika anak mulai berusia 7 bulan, normalnya akan mulai muncul gigi dan merangkak. Untuk mengakomodasi kemampuan anak, berikan mainan yang merangsang kemampuan tersebut.  kamu bisa memberikan si kecil mainan Teether mainan ini aman untuk digigiti sekaligus merangsang pertumbuhan gigi anak.

Mainan tersebut pasti membuat si kecil senang dan semangat mengeksplornya. Kamu juga bisa memberikan bayi mainan boneka tidak masalah meski anak kamu laki-laki. Boneka tersebut dapat dipeluk, dipukul-pukul, hingga dilempar. Melalui hal itu kemampuan motorik si kecil akan semakin terasah.

Sesekali anda sebagai orang tua, bisa melakukan interaksi menggunakan boneka, ajaklah si kecil mengobrol dengan menggunakan suara orang tua yang disamarkan. Hal ini akan berguna untuk meningkatkan kemampuan kognitif si kecil dalam mengenali objek di sekitarnya.

4.) Mainan Anak Untuk Usia 9-12 Bulan

Menginjak usia 9-12 bulan ini, si kecil akan mulai belajar berjalan. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan mainan untuk melatih motorik kasar si kecil. Orangtua dapat memberikan mainan mobil-mobilan dorong, mobil-mobilan ini bisa dimainkan di dalam dan di luar rumah.

Dengan memberikan mainan tersebut, si kecil akan mencoba menggunakan kemampuannya. Semakin sering diasah, kemampuan anak akan semakin baik dan menjadikannya anak yang kreatif dan aktif. Selain itu, kamu juga bisa mengajak si kecil untuk berbicara atau mengobrol.

Tak perlu menggunakan perantara mainan, cukup kamu dengan si kecil saja. Hal ini bertujuan guna meningkatkan kepekaan si kecil sekaligus merangsangnya untuk segera bisa mengoceh. Sehingga dengan hal ini, anak akan lebih aktif mencari suara yang ada.

Tips Supaya Tumbuh Kembang Anak Optimal

Orangtua tentunya ingin mempunyai anak generasi unggul yang sehat, dengan tumbuh kembang yang optimal, memiliki pemikiran yang kreatif, dan cerdas. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar tumbuh kembang anak optimal:

1.) Memenuhi kebutuhan gizi si Kecil

Orang tua bisa memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak mulai dari mengonsumsi ASI. Tiap anak mulai diberikan MPASI sejak menginjak usia 6 bulan dengan tekstur makanan yang lembut.  Anda bisa memberikan makanan yang mengandung vitamin, protein, dan kalsium untuk tumbuh kembang si kecil.

2.) Lingkungan memengaruhi tumbuh kembang si Kecil

Lingkungan si Kecil pula dapat memengaruhi tumbuh dan kembang anak. Lingkungan yang baik tentu bisa membuat si kecil memiliki hubungan yang positif dengan orang-orang di sekitarnya. Hubungan yang positif menjadi pengalaman anak untuk menjalani proses tumbuh kembang pada periode emasnya.

3.) Melakukan permainan yang menyenangkan

Salah satu yang dapat Orangtua lakukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil yaitu dengan mengajak si Kecil belajar sambil bermain. Ini dikarenakan hal-hal yang menyenangkan akan lebih mudah diterima oleh si kecil ajak si kecil untuk bereksplorasi, memecahkan masalah, dan belajar.

*Baca Juga: Mainan Edukatif Murah Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Itulah berbagai informasi tentang mainan yang bisa kamu berikan pada bayi usia 0 hingga 12 bulan. Pastikan memilih mainan sesuai dengan usia dan tumbuh kembang si kecil. Kamu tidak perlu bingung karena Toysland Indonesia menyediakan mainan dari berbagai usia anak dan harga yang sangat beraneka macam.

Leave a Reply