Mainan Edukasi Anak Usia 1 Tahun, Optimalkan Tumbuh Kembangnya

No Comments

Perkembangan anak pasti jadi hal yang sangat penting bagi orang tua. Sudah sewajarnya orang tua terus berusaha memberikan yang terbaik agar tumbuh kembang anak menjadi optimal. Memasuki usia 1 tahun, anak biasanya sudah mengenal banyak hal, mengenal berbagai macam mainan yang dimilikinya.

Metode belajar sembari bermain juga dapat meningkatkan rasa bahagia serta kreativitas anak. Hal-hal yang dapat dilakukan para orang tua beragam, tak terkecuali dalam hal memilih mainan tepat yang mampu membantu proses tumbuh kembang anak khususnya dalam hal mencerdaskan.

Pada usia satu tahun, anak-anak mulai mempelajari sesuatu yang baru melalui apa yang mereka lihat dan sentuh. Itulah mengapa, memilih mainan untuk mereka merupakan hal yang harus diperhatikan. Anak pada usia satu tahun memang sedang dalam fase yang sangat aktif sekali.

Sehingga tak heran jika mereka tidak mau berhenti bermain bahkan meski badannya sudah lelah. Usia satu tahun usia anak akan mempelajari banyak hal dari lingkungannya. Itulah mengapa, mainan yang dapat mengedukasi anak menjadi faktor penting dalam upaya melatih sistem motorik dan sensorik.

8 Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun

1.) Mainan Balok

Mainan balok berbahan dasar kayu dengan bentuk balok ini mempunyai tekstur halus. Selain tidak bisa dimasukkan ke dalam mulut, mainan ini juga ringan. Sehingga, Orangtua tidak perlu khawatir apabila si kecil tertimpa balok mainan berikut sebab permainan balok kayu tidak seperti kayu pada umumnya.

Orangtua bisa mendapatkan mainan anak 1 tahun berbahan kayu di Toysland Indonesia dengan harga terjangkau. Selain untuk kreativitas, anak juga belajar hal baru seperti perencanaan dan logika dasar ketika menyusun balok, anaku pun kemungkinan dapat belajar dari kesalahannya apabila balok yang disusun rubuh.

2.) Bola

Anak kecil memang suka sekali dengan permainan bola, maka dari itu orang tua bisa memberikan bola dengan material seperti boneka maupun bola plastik yang tidak memiliki bobot terlalu berat. Jangan berikan mainan bola yang ukurannya terlalu kecil, karena dapat berpotensi tertelan.

Orang tua bisa usahkan memberkan ukuran bola yang ideal untuk anak umur 1 tahun. Dengan bermain bola, tentunya akan membantu membantu anak dalam hal koordinasi tangan dan mata. Sehingga, dengan hal ini anak-anak dapat mengasah kemampuan motorik kasar dan halus.

3.) Ring Donat

Untuk mendukung tahap perkembangan anak pada aspek motorik, mainan ring donat bisa menjadi salah satu opsinya. Bengan bentuk dan warna cocok untuk perkembangan anak 1 tahun, tentunya fase umur satu tahun si kecil akan mulai gemar menyentuh benda di sekitarnya.

Saat melihat ring donat, anak akan tergerak untuk menyusun ring menjadi menara yang tinggi. Bahkan, dengan susunan yang menarik mainan Ring Donat juga sangat baik untuk melatih kreativitas dan daya imajinasi anak, sehingga anak menjadi lebih aktif.

4.) Boneka

Mainan anak 1 yang tahun ini memang sangat lumrah dan bisa dimainkan oleh anak umur berapa pun. Namun Orang tua tetap harus memperhatikan material bahan boneka tersebut. Hindari memberikan boneka dengan bulu-bulu panjang, sebab dapat berpotensi rontok dan tertelan si kecil.

Hindari pula boneka yang memiliki material mudah terlepas seperti manik-manik atau gliter. Usahakan orant tua hanya memberikan boneka yang lucu seperti halnya boneka beruang, teddy bear, dan sejenisnya. Hal ini tentu akan membuat anak juga tahu karakter boneka tersebut.

5.) Alat musik

Tak hanya berfungsi sebagai mainan yang dapat menghibur si Kecil, namun mainan alat musik dapat menjadi media pembelajaran. Mainan alat musik bisa menjadi salah satu pilihan untuk dibeli, mainan ini bisa bermanfaat untuk melatih si Kecil lebih peka, khususnya indera pendengaran.

Apalagi bila mainan yang dibelikan penuh dengan warna-warna cerah, pasti akan membuat si kecil semakin gesit untuk memainkannya. Anda bisa membelikan mainan alat musik yang terbuat dari kayu atau plastik yang bisa berbunyi agar tidak terlalu berbahaya buat si kecil.

6.) Mobil-Mobilan

Pada anak umur satu tahun umumnya memang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka suka bereksplorasi dengan lingkungannya guna menyalurkan rasa ingin tahunya Orangtua dapat memberikan mainan berupa mobil-mobilan yang dapat dinaiki ataupun sepeda yang dapat didorong oleh orang dewasa.

7.) Puzzle Potong

Puzzle memiliki potongan-potongan besar agar tidak membuat si kecil mudah memainkannya. Beri anak puzzle dengan gambar hewan atau buah yang dapat membuatnya tertarik. Mainan edukasi anak satu tahun ini dapat mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visual anak.

8.) Buku Gambar

Di usia yang sudah mulai masuk satu tahun, orang tua dapat mengenalkannya huruf, angka, buah, maupun hewan. Kamu dapat menemani si kecil menunjuk gambar sesuai dengan namanya. Meski si kecil belum dapat berbicara tetapi si kecil akan mengenal gambar-gambar tersebut dan mengingatnya.

*Baca Juga: Mainan Edukatif Murah Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

Orangtua tidak perlu khawatir ketika si kecil terlihat tidak memperhatikan saat kamu berbicara. Karena pada dasarnya si kecil tetap memperhatikan dan mendengarkan apa yang kamu bicarakan. Dengan buku ini, kecerdasan otak dan kreativitas anak akan meningkat.

Selain itu, apabila ada suatu kegiatan yang harus dilakukan oleh anak, hal ini akan dapat meningkatkankan kemampuan gerak anak serta kepercayaan dirinya. Untuk itu, dalam membeli mainan yang baik, bisa langsung ke toko mainan ataupun membelinya secara online di Toysland Indonesia.

Leave a Reply