Mainan Rumah Boneka Murah Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan

No Comments

 

Mainan rumah boneka saat ini menjadi kesukaan anak-anak usia 1-5thn. Mainan menstimulasi bentuk rumah pada umumnya dengan bentuk dan ukuran yang lebih kecil untuk anak-anak. Dengan mainan ini tumbuh kembang anak menjadi lebih baik, karena bisa membangun daya motorik dengan cepat. Mainan ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti rumah sungguhan, yaitu kamar, jendela dan furniture lainnya.

Rumah boneka ini memang dimainkan oleh anak perempuan, tapi mainan ini juga tersedia untuk anak laki-laki. Dan ternyata permainan ini bisa membawa dampak yang sangat baik untuk mendukung kecerdasan, khususnya mengembangkan imajinasi anak. Mainan ini mempunyai bermacam-macam manfaat bahkan dapat membangun tingkatan motorik anak menjadi lebih tinggi dan tumbuh kembang anak lebih baik.

Dengan mainan ini, anak seolah-olah mempunyai rumah sendiri, sehingga mereka bisa mendesain rumah boneka sesuai dengan keinginan. Rumah boneka ini sering dijadikan pelengkap ruang bermain anak saat bermain boneka, hal ini bagus untuk mengajarkan anak cara merawat rumah dan bonekanya. Mainan ini bisa dilakukan pada dalam atau luar ruangan, serta dapat dibentuk untuk memudahkan penyimpanannya..

*Baca Juga: Mainan Edukatif Anak Laki-Laki dan Perempuan

Manfaat Mainan Rumah Boneka Untuk Anak – Anak

  1. Meningkatkan imajinasi dan sosialisasi

Imajinasi dan bersosialisasi sangat penting untuk anak-anak. Mereka bisa belajar mengendalikan diri dan mencermati objek yang ada di sekitarnya. Tidak hanya itu, rumah boneka juga bisa menjadi media ekplorasi yang meningkatkan kemampuan anak dalam memperlakukan orang lain.

  1. Mengembangkan belas kasih dan empati

Bermain rumah boneka membantu anak mengolah emosinya, seperti rasa empati dan kasih sayang. Hal ini bisa dilihat dari cara anak memperlakukan boneka tersebut, ketika dia mempunyai adik tentu akan saling mengasihi satu sama lain, sehingga kepeduliannya semakin terlihat sejak dini.

  1. Meningkatkan kreativitas diri anak

Rumah boneka juga bisa tingkatkan kreativitas seorang anak, mereka bisa memahami berbagai macam bentuk yang ada di sekitarnya. Selain itu, anak juga dapat belajar memadupadankan pakaian yang dikenakan, sehingga dia akan terbiasa untuk rapi dalam menata barang-barangnya.

  1. Melatih sifat dan tanggung jawab si anak

Bermain rumah boneka juga bisa berperan sebagai orang yang bertanggung jawab, mereka akan mempraktikkan apa yang mereka lihat dari boneka yang lebih tua. Hal ini dapat mengembangkan sifat tanggung jawab anak, sehingga dia bisa mengetahui cara memperlakukan orang yang lebih tua.

  1. Meningkatkan keahlian berbahasanya

Permainan ini bukan hanya menyenangkan, namun dapat meningkatkan kemampuan bahasa. Anak-anak akan lebih mengenal banyak kata dan kalimat saat bermain rumah boneka. Apalagi jika bermain dengan temannya, tentu akan lebih mengembangkan kemampuannya dalam berbicara.

Dalam memainkan rumah boneka terdapat ide aktivitas yang interaktif dan tentunya imajinatif untuk mengasah kemampuan kognitif. Imajinasi ini berbentuk ruang yang terdapat di dalam rumah boneka. Pemahaman serta imajinasi ruang itu lama-lama dapat dibentuk dengan interaksi disaat menemani si anak bermain. Mainan dapat memberitahu si anak kalau untuk masuk ke rumah wajib melewati pintu.

Melalui permainan anak, kemampuan-kemampuan esensial bisa di ajarkan. Anak bisa mengembangkan rasa ingin tahu, kemampuan menghadapi tantangan, kecerdasan otak, dan sebagainya.  Permainan ini dibuat dengan berbagai gagasan untuk membantu anak, berbeda dengan buku pelajaran bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, dengan mainan ini memungkinkan anak berkembang secara aktif.

Rekomendasi Mainan Rumah Boneka Terbaik Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published.